Bacaan Hari ini :
Matius 9:29b “Jadilah kepadamu menurut imanmu.”

Setiap kali Anda menetapkan tujuan, Anda sedang mengatakan, “Saya percaya Tuhan ingin saya melakukan hal ini dengan ini dan pada tanggal ini.” — dan itu adalah suatu pernyataan iman.

Sekarang, jika Anda menyatakan tujuan yang besar, Tuhan akan bekerja dalam cara yang besar.
Jika Anda menyatakan tujuan yang sedang, Tuhan akan bekerja dalam cara yang sedang.
Jika Anda menyatakan tujuan yang kecil, Tuhan akan bekerja dalam cara yang kecil.

Jadi Anda dapat melihat bagaimana tujuan mengembangkan iman Anda.
Tujuan yang Anda tetapkan menegaskan bahwa Anda percaya Tuhan, tetapi juga merupakan pernyataan dari seberapa besar Anda percaya pada Tuhan. Alkitab mengatakan, “Jadilah kepadamu menurut imanmu.” (Matius 9:29)

Ini berarti bahwa tidak memiliki tujuan sebenarnya adalah sebuah sebuah tujuan juga.
Dengan kata lain, jika Anda tidak menetapkan tujuan tertentu, sebenarnya Anda sudah menetapkan tujuan dan tujuan itu adalah untuk tetap menjadi sama.

Lihat bagaimana ini bekerja:

Ketika saya bertanya, apa tujuan Anda untuk kesehatan Anda pada 2012?
Jika Anda mengatakan, “Saya tidak memiliki tujuan apapun,” maka tujuan Anda adalah untuk menjadi tetap sama.

Ketika saya menanyakan apa tujuan Anda dalam hubungan Anda?
Jika Anda mengatakan, “Saya tidak memiliki tujuan apapun,” maka tujuan Anda adalah supaya hubungan Anda tidak menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Ketika saya bertanya apa tujuan Anda untuk keuangan Anda dan untuk keluar dari hutang?
Jika Anda mengatakan, “Saya tidak memiliki tujuan apapun,” maka tujuan Anda adalah untuk tetap tinggal dalam hutang.

Ketika saya menanyakan apa tujuan Anda untuk karir dan bisnis Anda?
Jika Anda mengatakan, “Saya tidak memiliki tujuan apapun,” maka tujuan Anda adalah hanya untuk mengalir dan bertahan saja.

Itulah sebabnya Alkitab mengajarkan kita untuk memiliki tujuan. Menetapkan goal atau tujuan adalah disiplin rohani.
Memiliki goal menantang dan mengembangkan iman kita.
Menetapkan tujuan juga mengembangkan karakter kita dan membangun harapan kita.

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 43-45; Matius 12:24-50

Kita harus menetapkan goal dan tujuan dalam setiap area kehidupan kita karena itu akan mengembangkan iman kita. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)